Pabrik, Distributor, Agen, Toko, Info Harga, U Ditch Beton, Pagar Panel Beton, Box Culvert, Kansteen, Barrier Beton, Pipa Beton, Mini Pile, Sumur Resapan, Biopori, Gravel Beton, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Lampung

Home Top Ad

Jual Beton Precast Termurah di Indonesia

Kami Aneka Precast akan menjelaskan informasi mengenai pengertian dan kegunaan Box Culvert untuk anda sebelum memesan box culvert. Penjela...

Pengertian dan Kegunaan Box Culvert Beton Aneka Precast

Kami Aneka Precast akan menjelaskan informasi mengenai pengertian dan kegunaan Box Culvert untuk anda sebelum memesan box culvert.

Penjelasan Arti Box Culvert

Box Culvert
Box culvert adalah gorong-gorong cor di pabrik (precast) ataupun dicor di tempat, dimensitergantung kepada debit air yang akan dialirkan melalui gorong-gorong. Gorong-gorong yangdicor di pabrik dapat utuh dengan bentuk profil bulat atau persegi ataupun trapesium, ataupunmodular yang terpisah atas dengan bawah (top bottom).

Box culvert dipakai untuk mengalirkanair (irigasi, air hujan, air limbah) melewati bawah jalan, bahwah saluran atau bawah rel kereta api.

Pada umumnya pembuatan box culvert menimbulkan masalah kemacetan lalu-lintas. Pembangunan box culvertmelintasi jalan raya (crossing) mengharuskan pihak pelaksana pekerjaan dan pihak terkait merekayasa arus lalu-lintas menjadi setengah jalan atau mengalihkan arus lalu-lintas ke jalan lain.

Pembuatan Beton Pracetak Box Culvert

Box culvert sebagai beton pracetak dituang dan dicetak di atas kawat dan kemudian mengalami curing di luar lokasi. Kondisi ideal dalam proses ini bisa direkayasa karena pembuatannya dilakukan di pabrik.

Saat sudah matang dan keras, maka produk Box culvert siap digunakan. Pengiriman memakai armada khusus untuk kemudian diaplikasikan di lokasi konstruksi.

Beton Box culvert menjadi alternatif beton untuk saluran air. Jika menginginkan bentuk maupun ukuran lain maka bisa mempertimbangkan beton pracetak lain, karena ada U dicth hingga pipa beton yang bisa jadi alternatif. Sebelum itu, Anda harus bandingkan dan piihlah sesuai kebutuhan.

Teknik Pemasangan Box Culvert

Pemasangan beton pracetak ini menggunakan Crane. Kapasitas yang dibutuhkan kurang lebih setara dengan 5x berat sendiri Box Culvert yang diangkat.

Kelebihan beton pracetak Box Culvert adalah pada saat pemasangan, crane bisa berdiri diatas Box Culvert dan bergerak maju untuk melaksanakan pemasangan. Jika crane harus berdiri diatas beton pracetak maka harus dikonsultasikan dulu dengan pihak pembuatnya.

Berikut ini saya uraikan tahap demi tahap metode pelaksanaan pekerjaan saluran menggunakan box culvert beton pracetak.

  • 1. Ekskavasi area kerja
  • Tahap pertama adalah pembuatan parit yang ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan. Kedalamannya harus mengikuti kedalaman minimal yang dipersyaratkan oleh pabrik beton pracetak pembuat produk tersebut. Sedangkan lebar dari parit harus memperhatikan lebar culvert box dan kemudahan alat pada saat meletakkan box.

    Area galian yang tidak diperlukan harus segera ditutup kembali dan dipadatkan. Untuk pengurugan kemiringan saluran air harus diperhatikan sesuai perencanaan. Apabila pada parit terdapat air atau memang diletakkan pada parit air, maka harus dilakukan dewatering terlebih dahulu. Hal tersebut perlu dilakukan agar box culvert yang telah terpasang nantinya tidak mengapung.

  • 2. Pelapisan tanah
  • Setelah parit terbentuk, proses kedua adalah peletakan pelapisan untuk box culvert. Material pelapis sesuai dengan yang dibutuhkan. Alas tidak perlu material kasar, karena akan merusak box culvert. Pengalasan diperlukan agar box ketika dipasang tidak mengalami pergeseran kebawah. Ketinggian alas tidak kurang dari 75mm, jika area terdiri dari tanah keras dan bebatuan maka pelapisan setidaknya setinggi 150mm. Perlu diperhatikan bahwa baik site manager, mandor maupun pekerja yang menangani proyek pemasangan saluran air ini harus ahli di bidangnya, serta benar-benar memahami dengan baik cara pemasangan box culvert.

  • 3. Pemasangan box culvert
  • Selanjutnya adalah proses pemasangan box culvert. Langkah pertama adalah membuat barisan dari box, dimana peletakan pertama box akan menentukan kelurusan penempatan box selanjutnya. Peletakannya harus sesuai dengan ketinggian dan kemiringan yang dipersyaratkan pada perencanaan. Peletakan box adalah dengan menempatkan spigot atau lidah di hilir sedangkan socket di hulu. Sebaiknya dorongan box dengan mesin dihindari karena dapat merusak box atau menggeser box dari parit yang sudah disiapkan.

  • 4. Penyambungan antar box culvert
  • Sealant diperlukan untuk menghindari migrasi tanah dan air terhadap box culvert. Salah satu bahan dasar sealant yang cocok digunakan adalah bitumen (aspal). Sealant dapat diaplikasikan di bagian atas dan bagian dalam dinding dengan tebal kurang lebih 300 mm.

    Box culvert yang telah ditata sebagai awal dari saluran harus disambung dengan box pengisi. Sebaiknya terdapat pekerja yang dapat mengarahkan crane. Dan sebelum meletakkan box, parit harus dicek terlebih dahulu apakah ketinggian dan kondisi parit sudah sesuai seperti rencana. Antar box harus disatukan dengan rantai atau menggunakan derek. Rantai ini harus diikatkan secara bertahap hingga box menyatu, setelah itu crane bisa melepas box. Wajib diperhatikan bahwa sambungan antar box tidak berubah ketika crane diangkat.

  • 5. Pengurugan kembali area kerja
  • Setelah box culvert terpasang dengan baik, selanjutnya dilakukan pengurugan kembali. Tanah urug harus bebas dari bahan organik dan harus segera dipadatkan.
    Pemadatan jangan sampai merusak box culvert atau merubah kedudukannya. Dengan demikian, seluruh rangkaian proses pemasangan saluran air menggunakan box culvert telah selesai. Demikianlah artikel tentang panduan cara memasang box culvert dengan mudah dan tepat. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda.

    Apa saja Keuntungan Menggunakan Box Culvert?

    Keuntungan dari box culvert tersebut antara lain adalah:
    • a. Proses pemasangan atau penginstalan dinilai lebih ringan karena hanya ada 2 komponen yang terpisah
    • b. Mudahnya pemasangan dari box culvert sehingga dapat menghemat waktu anda
    • c. Murahnya biaya yang anda keluarkan untuk alat penginstalan box culvert, sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek cukup dalam karena pemasangannya yang mudah dan juga simple
    • d. Apabila anda menginginkan struktur beton dapat lebih kuat dan kokoh maka anda harus menggunakan plat besi joint sebagai bahan tambahannya agar Apabila terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti penurunan atau pergeseran tanah maka pondasi dari box culvert tidak akan bergeser.

    Kekurangan Pengaplikasian Box Culvert

    Proses penggalian ini sebaiknya dilakukan oleh tenaga kerja ahli, agar dapat mengetahui bagaimana kondisi dalam tanah tersebut, apakah ada saluran pipa air yang ditujukan pada lokasi tersebut atau tidak?

    Karena jika ada, proses penggalian sebaiknya dilakukan secara hati-hati karena hal ini dapat beresiko menyebabkan kerusakan pada pipa air sehingga mengalami kebocoran. Bahkan parahnya lagi, ada aliran pipa yang terputus akibat tertindih oleh box culvert baru yang dipasang.

    Metode Pemasangan Box Culvert

    • A) Ekskavasi Area jalan
    • B) Pelapisan Tanah
    • C) Penyambungan Box Culvert
    • D) Pengurukan Area Kerja Kembali

    Fungsi dari Box Culvert Beton

    Berikut adalah fungsi box culvert dalam penerapannya pada proses konstruksi :

    • 1. Box culvert berfungsi sebagai material konstruksi bawah tanah
    • Yang Pertama, fungsi box culvert adalah material ini digunakan dalam proses konstruksi bawah tanah, bukan hanya bisa digunakan menjadi saluran air atau drainase saja. Box culvert juga bisa digunakan sebagai gorong-gorong kereta api, jembatan, terowongan, dan lain sebagainya.

    • 2. Kedap terhadap air tanah
    • Fungsi yang kedua dari box culvert adalah sifatnya yang kedap terhadap air tanah sehingga sangat cocok digunakan pada konstruksi bawah tanah, terutama saluran air.

    • 3. Mempercepat proses konstruksi
    • Ketiga, fungsi box culvert adalah mempercepat proses konstruksi secara keseluruhan karena pemasangannya yang mudah dan cepat.

    Demikian penjelasan tentang box culvert yang kami sampaikan, semoga bisa menjadi solusi terbaik buat anda yang mau memesan box culvert.